Change Your Mindset, Do An Action and Change The World!

Posted: August 24, 2013 in Uncategorized
Tags: , ,

light

Harapan hati saya jika mendapatkan kesempatan bekerja di Danone sbb:

1. Ingin punya atasan yang bijaksana.

Bijaksana di sini bukan berarti karena ia seorang yang cerdas dan pandai memberikan petuah-petuah dan pandai menasehati, tapi karena ia pandai membaca kemampuan saya (kelebihan dan kekurangan saya). Jadi ia tidak memaksa saya untuk menjadi si kuat atau si hebat menurut orang lain, tapi si hebat berdasarkan ukuran diri saya sendiri. Ia pandai menempatkan saya di bidang yang sesuai keterampilan dan kelebihan saya sehingga saya dapat mengoptimalisasikan diri dan potensi dari waktu ke waktu.

2. Ingin kemasan-kemasan Danone ramah lingkungan.

Baik bungkusan kardus maupun plastik yang digunakan sebagai kemasan produk Danone diharapkan tetap menjaga keramahan lingkungan dan mudah untuk didaur ulang. Akan sangat menbanggakan sekali jika Danone menggagas, menghimbau dan mempromosikan penggunaan tas “Go Green” di setiap minimarket maupun supermarket.

3. Ingin produk makanan, sereal dan biskuit Danone menunjang kesehatan.

Saat maraknya globalisasi yang menitikberatkan pada pengambilan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan menghalalkan segala cara, saya berharap Danone tidak ikut menyimpang dari jalan lurus. Sekalipun gula merupakan pengawet makanan alami, diharapkan kadar gula yang dipakai dalam produk diperhatikan guna menjaga kesehatan para konsumen. Dalam hal ini, diharapkan Danone menyerap ahli-ahli teknologi pangan yang berkualitas, inovatif dan kreatif menciptakan makanan bernutrisi tinggi.

4. Ingin Danone mempunyai wadah charity

Wadah charity di sini bukan berarti sekedar wadah untuk menyalurkan sedekah, tapi lebih pada wadah untuk memberikan kesempatan kepada para pegawai dan karyawan Danone untuk terlibat aktif di dalamnya. Hal ini dapat dilakukan satu atau dua bulan sekali. Kegiatan ini diharapkan dapat melatih dan meningkatkan EQ karyawan terhadap sesama, bagaimana mereka bersosialisasi dan berbagi kasih. Misalnya: kunjungan rutin terhadap korban narkoba, pendampingan anak jalanan maupun mereka kaum difabel.

5. Ingin Danone mempunyai program charity tahunan.

Program ini bisa direalisasikan dalam lingkup sosial, agama, budaya, pendidikan maupun lingkungan. Misalnya: penanaman bakau untuk pesisir pantai yang mulai abrasi/erosi, sumbangan buku dan alat-alat penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah terpencil, pengadaan perlombaan seni budaya untuk memperkenalkan dan menjaga kelestarian budaya Indonesia, dana pembangunan tempat ibadah di pedalaman, dana hibah untuk pelestarian beberapa spesies fauna yang terancam punah, dll.

6. Tour

Jika di dalam dunia pendidikan para guru kerapkali mengadakan study tour, diharapkan berlaku hal yang sama juga di dunia kerja. Selain bermanfaat untuk hiburan, study tour diharapkan mampu menambah wawasan, menciptakan terobosan dan etos kerja saya sebagai karyawan.

7. Company Building

Hal yang tak kalah penting dalam sebuah perusahaan adalah kerjasama. Hal ini dapat ditingkatkan dengan mengadakan pelatihan lewat permainan out bound, pelatihan kepemimpinan, maupun pengikutsertaan dalam program motivasi diri. Di poin ini, segala hal yang telah berlangsung selama jangka waktu tertentu direfleksikan sedemikian rupa. Substansi-substansi berharga dipertahankan dan ditingkatkan, sedangkan substansi-substansi buruk diperbaiki dan disempurnakan. Dengan begitu, lingkungan kerja senantiasa sehat dan kinerja perusahaan berjalan optimal. Selanjutnya, jika saya ataupun karyawan lainnya dipromosikan, hal tersebut tak lagi menjadi ambisi terbesar melainkan bonus atas kinerja dan integritas saya di pekerjaan yang saya jalani serta geluti selama ini.

Perlu diperhatikan bahwa dalam dunia apapun, lingkungan kooperatif lebih berdaya daripada lingkungan kompetitif. #DanoneWishlist

___________________________dari wichan untuk Danone_____________________

Leave a comment