Mengenal Cimahi Lebih Dekat

Posted: May 21, 2013 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

Logo_cimahi

Kota yang terletak di sebelah barat Bandung ini dikenal sejak pembangunan jalan Anyer-Panarukan pada zaman pemerintahan Gubernur Jenderal Willem Daendels. Tak banyak yang mengetahui bahwa kota ini menyimpan jejak-jejak sejarah khususnya jejak militer pada masa kolonial. Namun, kota ini dikenal dengan sebutan “kota tentara” karena banyaknya pusat pendidikan untuk tentara seperti Pusat Pendidikan Guru Militer dan Pusat Pendidikan Polisi Militer.

Puing-puing sejarah dapat kita saksikan di kota ini, tepatnya di Gereja Santo Ignatius dan Stasiun Kereta Api Cimahi. Dua bangunan bersejarah ini memperlihatkan betapa kuatnya pengaruh kolonial Hindia Belanda. Ada pula Rumah Sakit Dustira dengan arsitektur eropa (artdeco). Nama “Dustira” ini diambil sebagai wujud penghargaan atas jasa Dr. Dustira Prawiraadjaya dalam membantu tentara militer di medan perang.

Gereja St. Ignatius Cimahi          aW1hZ2VzL3Nma19waG90b3Mvc2ZrX3Bob3Rvc18xMjkwNTAxODEwX0hzZUVKdjNrLmpwZw==

                     Gereja St. Ignatius                                                 Stasiun Kereta Api Cimahi     

 url

                                                                      RS. Dustira

Topografi kota Cimahi tak jauh berbeda dengan Bandung yang dikelilingi perbukitan dan perkebunan. Sehingga tak heran jika pemandangan kota ini dominan dengan hotel dan restoran; memenuhi permintaan wisatawan yang berlibur menikmati udara sejuk pegunungan. Sektor perdagangan hotel pun menjadi salah satu aktivitas ekonomi kota Cimahi selain perindustrian.

Berkunjung ke kota Cimahi tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi seblak dan membeli denjapi sebagai buah tangan. Seblak merupakan makanan khas Cimahi yang terbuat dari tepung kanji yang dicampur bumbu rahasia, kunyit, bawang putih dan cabai. Makanan ini dominan bercita rasa pedas. Walaupun pedas, makanan ini memiliki banyak penggemar. Sedangkan denjapi singkatan dari dendeng jantung pisang. Ya, makanan ini terbuat dari jantung pisang. Jika kita terbiasa mengenal dan familiar dengan olahan jantung pisang yang dicampur santan untuk dijadikan sayur, di kota Cimahi jantung pisang diolah spesial. Bagian dalam jantung pisang yang empuk dimasak bersama bumbu dendeng (bawang putih, ketumbar, gula merah) dan dicampur dengan kaldu daging. Selanjutnya, jantung pisang ini dimasak hingga empuk dan kering lalu dipres dan dipanggang. Rasanya krenyes-kreyes, renyah dan gurih; sama seperti dendeng sapi, cocok dimakan bersama nasi putih hangat. Biasanya denjapi dibuat menggunakan jantung pisang kepok yang tebal, tidak sepat dan tidak mudah hancur.

seblak2       denjapibsr

                             Seblak Cimahi                                                                         Denjapi

Selain wisata kuliner, kota Cimahi juga memiliki tempat andalan bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga. Di Jl. Kolonel Masturi 157, terdapat Alam Wisata Cimahi (AWC). Tempat ini menawarkan wahana ATC (All-Terrain Vehicle), delman dan kuda untuk mengantar wisatawan berkeliling kompleks AWC. Ada juga wahana flying fox dan jembatan gantung bagi anak-anak, remaja dan orang dewasa yang ingin memacu adrenalin. Selain wisata petualangan, Alam Wisata Cimahi ini terkenal dengan kolam renangnya yang menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian. Hidangan khas Sunda yang ditawarkan di sini juga tak kalah mampu menggugah selera makan wisatawan.

alam-wisata-cimahi-awc     DSC_8814

DSC_6179 ok  DSC_2056

                                                                Alam Wisata Cimahi (AWC)

Kota Cimahi juga memiliki kampung adat seperti Kampung Naga di Tasikmalaya dan Kampung Urug di Bogor, namanya Kampung Cireundeu. Dinamakan “Cireundeu” karena kampung ini dulunya dikelilingi oleh pohon reundeu (obat herbal). Kampung Cireundeu yang terletak di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan ini masih memegang teguh adat istiadat nenek moyang. Mereka mempunyai hutan terlarang, hutan reboisasi, dan hutan pertanian yang dikelola untuk kepentingan bersama. Masyarakat kampung ini tergolong unik karena menjadikan singkong sebagai makanan pokok.

IMG_2698

                                                                     Kampung Cireundeu

Peninggalan sejarah, bentang alam, culinary, budaya dan adat istiadat kota Cimahi ini memiliki potensi untuk dijadikan tujuan wisata. Kota ini juga berpotensi untuk dijadikan daerah tujuan agrowisata. Semoga  kelestarian dan keindahan kota ini tetap terjaga dan ke depannya nanti kota Cimahi memiliki branding image dan maskot untuk menarik wisatawan lebih banyak lagi. Selanjutnya, semoga kota Cimahi tak hanya menjadi vocation tourism, tapi juga business dan education tourism.

Demikian informasi kecil mengenai kota Cimahi. Ayo mengenal wisata dan budaya Indonesia lebih dekat. Informasi lebih lanjut dapat Anda baca di www.alamwisatacimahi.com dan www.cimahikota.go.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s