Memperbaiki Mindset

Posted: May 14, 2013 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

Orangtua merupakan peran utama pendidikan dan psikologi anak. Didikan orangtua juga pelajaran pertama anak. Sudah layak dan sepantasnya jika orangtua  dijadikan teladan; sebuah pedoman dan landasan dasar untuk berkembang menjadi pribadi yang dewasa dalam menjalani hidup sosial bermasyarakat.

Namun, fungsi ini seringkali disalahgunakan. Rasa hormat dan kepercayaan anak seringkali digunakan sebagai pemuasan obsesi. Menginjak masa remaja, bukannya dibimbing untuk meningkatkan bakat yang dimiliki serta penemuan jati diri, anak lebih sering diharuskan begitu begini. Mereka diwajibkan mematuhi peraturan yang dibuat tanpa ada ruang bagi anak untuk mengungkapkan dan mengutarakan pendapat. Mereka diharuskan mengikuti kursus matematika, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, tari, dan piano sementara hati dan bakat mereka tak di sana. Anak diharuskan mengejar prestasi dan pemuasan ambisi tanpa diberi ruang untuk berekspresi. Alhasil, anak memberontak dengan mogok sekolah, berperilaku semena-mena, berteriak serta menangis histeris. Sekalipun praktek obsesi orangtua ini sebagian ada yang berhasil meningkatkan prestasi anak, psikologi anak terganggu. Entah itu perilaku mereka yang terkadang menutup diri untuk kehidupan sosial, egois maupun apatis. Sangat disayangkan jika ini berlanjut pada usia-usia remaja yang sangat berpengaruh dalam pembentukan watak dan pendirian anak.

Oleh sebab itu, cara pikir (mindset) orangtua wajib ditelaah sedemikian rupa, meningbang sedemikian detail apakah keputusan yang mereka ambil itu berguna untuk peningkatan bakat dan kemampuan anak. Komunikasi antar keduanya juga wajib dijaga dan dipupuk. Luangkan waktu untuk sharing moment sesering mungkin. Tidak hanya itu, sebagai orangtua diwajibkan mempunyai wawasan luas untuk memberikan pandangan bagi anak.

Alangkah baiknya jika bidang yang ditekuni anak itu adalah bidang yang ia senangi dan kuasai. Secara psikologis, dengan sendirinya hal itu akan meningkatkan kepercayaan diri anak untuk terus berprestasi dan meningkatkan ketrampilan serta wawasan dalam diri, tanpa paksaan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para orangtua yang membaca maupun para muda mudi yang nantinya akan menjadi orangtua. Anak adalah anugerah Allah. Anak juga penerus bangsa. Mari menelaah dan memperbaiki mindset lebih dalam menjadi pribadi dewasa yang lebih bijaksana.

______dari wichan untuk BURSA IDE Minggu Pagi Magazine_____

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s